Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Eksperimen : Membuat Balon Tahan Api






Hai semua! Apa kabar? Kabarnya pasti baikkan? Untuk kesempatan ini saya akan mengajak kalian untuk bereksperimen. Kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk eksperimen ini lho. Eksperimennya mudah kok, nggak perlu pakai alat-alat khusus maupun teknik khusus.
Okey, pada kesempatan ini saya akan mengajak kalian semua untuk bereksperimen membuat balon yang tahan api. Apa kalian pernah mencoba mendekatkan sebauh balon dengan api?  Apa yang terjadi bila didekatkan? Pastinya akan meletus. Doooorrrr.... Begitu perumpaman suaranya. Pasti kalian kagetkan mendengar suara balon meletus? Pasti iya dong!
Eksperimen : Membuat Balon Tahan Api

Tujuan untuk melakukan eksperimen ini adalah untuk menunjukkan bahwa air adalah penyerap panas yang baik dan bagaimana ini memengaruhi benda-benda lain.
Alat dan bahan:
a.       Dua buah balon
b.      Karet
c.       Korek api
d.      Air secukupnya
Step atau langkah-Langkah
1.      Pompa atau tiup balon pertama lalu ikat rapat-rapat!
2.      Masukkan ¼ cangkir air ke dalam balon kedua lalu pompa dan ikat rapat-rapat!
3.      Peganglah korek api yang telah dinyalakan di bawah balon pertama dan amati!
4.      Peganglah korek api yang telah dinyalakan di bawah balon kedua dan amati!

Ilmu pengetahuan dibalik eksperimen ini :
Balon pertama pecah karena ia menjadi sangat panas, karet menjadi terlalu lemah dan balon tidak dapat melawan tekanan udara yang membesar di dalam. Balon kedua tidak menjadi terlalu panas dan tidak pecah. Meskipun karet kedua balon menjadi panas, air di dalam balon kedua menyerap panas dari api. Ini memungkinkan panas berpindah dari karet balon ke air. Karena ini, karet tidak melemah dan tetap menggembang. Eksperimen ini merupakan pembuktian bahwa air merupakan penyerap panas yang lebih baik daripada udara.
                                                          
Sekian dari saya tentang eksperimen membuat balon tahan panasa. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih dan sampai jumpa.


Posting Komentar untuk "Eksperimen : Membuat Balon Tahan Api"