Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Telinga






Telinga, telinga merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh yang berfungsi sebagai indra pendengar. Bila telinga mengalami masalah atau gangguan, maka sudah pasti kita akan mengalami gangguan pendengaran. Maka kita harus menjaga kesehatan telinga supaya tidak mengalami gangguan pendengaran.
Menjaga kesehatan telinga yang tebaik adalah menghindari beberapa penyebab gangguan tersebut. Selain itu ada beberapa tips yang wajib kamu coba:
1.      Bersihkan bagian luar saja!
Secara normal, telinga memiliki kemampuan membersihkan dirinya sendiri. Bentuk  lubang telinga yang bersudut dan lapisan-lapisan bulu halus menjaga telinga dari masuknya kotoran belebih. Jadi, anda hanya perlu membersihkan bagian luarnya saja. Bila anda merasa kotoran sudah cukup banyak menumpuk dan menyebabkan kesihatan telinga sedikit terganggu, pergilah ke dokter THT untuk penanganan.
2.      Jangan di korek!
Kebiasan mengorek telinga menggunakan cotton bud sama sekali tidak disarankan. Cotton bud dapat membuat kotoran telinga lebih masuk ke bagian dalam telinga dan menumpuk yang berpotensi menutup saluran dan mengganggu pendengaran. Tanpa anda sadari, cotton bud dapat masuk terlalu dalam dan melukai gendang telinga. Oleh karena itu, gunakanlah cotton bud untuk membersihkan bagian luarnya saja.
3.      Jangan terlalu bersih!
Tidak selamanya bersih itu baik lho! Apalagi pada telinga yang mengandung lapisan minyak atau serumen yang terdapat di sekitarnya. Walaupun lengket, serumen berfungsi mengikat debu bahkan serangga kecil yang mencoba masuk ke dalam telinga. Normalnya, serumen bisa mengering secara otomatis dan dikeluarkan secara perlahan. Serumen yang mengering ini sering kita anggap sebagai kotoran telinga. Jika anda ingin membersihkannya, lakukan seminggu sekali. Kalau terlalu sering dapat membuat telinga kering, iritasi, dan gatal bahkan membuat telinga anda lebih sensitif dan menghasilkan lebih banyak serumen yang berakibat fatal bagi pendengaran.
4.      Lakukan perawatan rutin!
Jika anda merasa ada yang tidak beres dengan telinga anda, seperti terdengar bunyi-bunyi atau benda yang bergerak di dalamnya saat menggerakkan kepala, sebaiknya kunjungilah dokter spesialis THT. Begitu pula saat anda ingin membersihkan bagian dalam telinga. Lakukan pemeriksaan rutin minimal satu kali setahun untuk menjaga kebersihan telinga serta untuk mengetahui kondisi kesehatannya.
5.      Kunyahlah makanan dengan baik!
Selain baik untukkesehatan lambung, dan sangat dianjurkan bagi anda yang sedang diet, kegiatan mengunyah makanan hingga halus ternyata memberi dampak positif bagi kebersihan telinga. Mengapa? Karena saat mulut bergerak, secara otomatis telinga mendorong kotorannya keluar. Selain itu, mengunyah bisa menjadi solusi agar udara tidak terkunci di telinga ketika anda sedang menaiki pesawat. Itulah sebabnya anda sangat dianjurkan untuk mengunyah permen karet saat pesawat akan lepas landas.
6.      Manfaatkan eardrops!
Sebelum tidur, ada baiknya memperhatikan kebersihan tempat tidur, terutama keberadaan serangga. Jangan abaikan hal ini, karena bisa sanggat mengganggu jika masuk ke telinga. Begitu pula saat anda sedang berenang. Selain memiliki potensi besar air masuk ke telinga, air juga membawa kotoran masuk. Supaya aman, gunakanlah eardrops ketika tidur maupun berenang.
7.      Bijaklah dalam menggunakan earphone dan headphone!
Dalam penelitian yang dilakukan oleh ahli akustik menyatakan bahwa terlalu sering menggunakan alat pendengar, seperti headphone dan earphone dengan suara keras berpotensi menyebabkan gangguan pada kesehatan telinga. Ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama anda bisa menjadi kurang peka terhadap bunyi dan kedua adalah anda terlalu peka atau sensitiv terhadap bunyi. Maka dari itu, gunakanlah alat pendengar maksimal 2 jam setiap hari lalu istirahatkan pendengaran anda selama 6 jam sesudahnya. Hal lain yang bisa terjadi dari pemakaian earphone terlalu lama yaitu juga dapat menghambat telinga dalam mengeluarkan kotorannya.


Sekian dari saya tentang tips merawat dan menjaga kesehatan telinga, apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Semoga artikel ini dapat membantu anda. Terima kasih dan sampai jumpa.


Posting Komentar untuk "Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Telinga"