Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Eksperimen : Aku Dapat Menciptakan Halilintar





Hai semua! Apa kabar? Kabarnya pasti baikkan? Untuk kesempatan ini saya akan mengajak kalian untuk bereksperimen. Kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk eksperimen ini lho. Eksperimennya mudah kok, nggak perlu pakai alat-alat khusus maupun teknik khusus.
Okey, pada kesempatan ini saya akan mengajak kalian semua untuk bereksperimen membuat halilintar sendiri. Halilintar? Bukannya berbahaya? Pasti sulit membuatnya? Bukannya halilintar adanya di awan? Itu beberapa pertanyaan yang mungkin kamu pikirkan. Halilintar yang saya maksud itu tidak memiliki banyak tegangan yang tinggi sehingga aman. Bukan yang saya maksud itu halilintar yang memiliki tegangan listrik tinggi yang dapat membuat orang meninggal. Okey, mari kita buat bersama.

Eksperimen : Aku Dapat Menciptakan Halilintar

Tujuan untuk melakukan eksperimen ini adalah untuk menunjukkan listrik statis dan membahas bagaimana ia terlibat dalam halilintar dan cuaca.
Alat dan bahan:
a.       Dua buah balon
b.      Sarung tangan wol

Step atau langkah-Langkah
1.      Pompalah dua balon!
2.      Gosok balon pertama dengan sarung tangan wol dan balon kedua digosokkan dengan tembok yang halus!
3.      Redupkan lampu atau gelapkan ruangan!
4.      Sambil memegang satu balon di masing-masing tangan, pelan-pelan dekatkan kedua balon dan amati yang terjadi!

Ilmu pengetahuan dibalik eksperimen ini :
Di awal eksperimen, kedua balon mempunyai muatan listrik positif dan negatif yang seimbang di dalamnya. Begitu balon pertama digosokkan dengan sarung tangan wol dan balon kedua dengan tembok, maka muatan keseluruhan berubah. Balon pertama mempunyai muatan negatif yang lebih banyak dan balon kedua mempuyai muatan positif yang lebih banyak. Ketika kedua balon didekatkan, tarikan kuat antara muatan positif dan negatif tercipta. Muatan ini “melompat” dari balon negatif ke balon positif; jalur yang diikuti semua listrik. Listrik yang terbentuk dengan cara ini dikenal sebagai listrik statis. Halilintar dihasilkan ketika listrik merambat dari awan di atmosfer ke tanah. Selama terjadi halilintar, muatan negatif terbentuk di bagian bawah awan dan ketika perbedaan antara awan bermuatan negatif dan tanah bermuatan positif menjadi cukup besar maka halilintar menyambar.
                                                          
Sekian dari saya tentang eksperimen membuat balon tahan panasa. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih dan sampai jumpa.



Posting Komentar untuk "Eksperimen : Aku Dapat Menciptakan Halilintar"