Coding Bahasa C untuk Segitiga Terbalik Sama Sisi dkk
Hi semuanya, pada kesempatan kali ini aku mau sharing tentang notasi algoritmik dan source code bahasa C untuk beragam jenis segitiga sesuai dengan bentuk gambarnya nanti berhubung aku gabut dan nyari refreshing sebentar sebelum lanjut UAS lagi :)
Let's Ngoding brayyyy
Segitiga Sama Sisi Terbalik
Notasi Algoritmik :
Program Segitiga Sama Sisi Terbalik
{Membuat pola segitiga sama sisi terbalik}
Kamus
N : integer {input}
i, j, k, M : integer {counter}
Algoritma
input(N)
M ← N
if (N <= 0) then
output ('Input harus positif')
else
i traversal [1..M]
j traversal [1..i]
output (' ')
k traversal [1..N]
output (' ')
output ('*')
N ← N-1
Source Code C :
#include <stdio.h>
int main(){
/*Kamus*/
int N; /*input*/
int M; /*jumlah baris*/
int i, j, k; /*counter*/
/*Algoritma*/
printf("Masukkan nilai N : ");
scanf("%d", &N);
M = N;
if (N<=0) {
printf("Input harus positif");
}
else {
for (i=1; i<=M; i++) {
for (j=1; j<=i; j++) {
printf(" ");
}
for (k=1; k<=N; k++) {
printf("*");
printf(" ");
}
printf("\n");
N = N - 1;
}
}
return 0;
}
Tetris 0
Notasi Algoritmik :
Program Tetris0
{Membuat pola segitiga sesuai gambar di atas}
Kamus
N : integer {input}
i, j : integer {counter}
Algoritma
input(N)
if (N <= 0) then
output ('Input harus positif')
else
i traversal [0..N]
j traversal [0..i-1]
output ('*')
Source Code C :
#include <stdio.h>
int main(){
/*Kamus*/
int N; /*input*/
int i, j; /*counter*/
/*Algoritma*/
printf("Masukkan nilai N : ");
scanf("%d", &N);
if (N<=0) {
printf("Input harus positif");
}
else {
for (i=0; i<=N; i++) {
for (j=0; j<i; j++) {
printf("*");
}
printf("\n");
}
}
return 0;
}
Tetris 1
Notasi Algoritmik :
Program Tetris1
{Membuat pola segitiga sesuai gambar di atas}
Kamus
N : integer {input}
i, j : integer {counter}
Algoritma
input(N)
if (N <= 0) then
output ('Input harus positif')
else
i traversal [0..N]
j traversal [i..N-1]
output ('*')
Source Code C :
#include <stdio.h>
int main(){
/*Kamus*/
int N; /*input*/
int i, j; /*counter*/
/*Algoritma*/
printf("Masukkan nilai N : ");
scanf("%d", &N);
if (N<=0) {
printf("Input harus positif");
}
else {
for (i=0; i<=N; i++) {
for (j=i; j<N; j++) {
printf("*");
}
printf("\n");
}
}
return 0;
}
Tetris 2
Notasi Algoritmik :
Program Tetris2
{Membuat pola segitiga sesuai gambar di atas}
Kamus
N : integer {input}
i, j, k, l : integer {counter}
Algoritma
input(N)
if (N <= 0) then
output ('Input harus positif')
else
i traversal [0..N-1]
j traversal [0..i]
output ('*')
k traversal [1..N-1]
l traversal [k..N-1]
output ('*')
Source Code C :
#include <stdio.h>
int main(){
/*Kamus*/
int N; /*input*/
int i, j, k, l; /*counter*/
/*Algoritma*/
printf("Masukkan nilai N : ");
scanf("%d", &N);
if (N<=0) {
printf("Input harus positif");
}
else {
for (i=0; i<N; i++) {
for (j=0; j<=i; j++) {
printf("*");
}
printf("\n");
}
for (k=1; k<N; k++) {
for (l=k; l<N; l++) {
printf("*");
}
printf("\n");
}
}
return 0;
}
Tetris 3
Notasi Algoritmik :
Program Tetris3
{Membuat pola segitiga sesuai gambar di atas}
Kamus
N : integer {input}
i, j, k, l : integer {counter}
Algoritma
input(N)
if (N <= 0) then
output ('Input harus positif')
else
i traversal [1..N]
j traversal [1..(0.5 * i * (i+1))]
output ('*')
Source Code C :
#include <stdio.h>
int main(){
/*Kamus*/
int N; /*input*/
int i, j; /*counter*/
/*Algoritma*/
printf("Masukkan nilai N : ");
scanf("%d", &N);
if (N<=0) {
printf("Input harus positif");
}
else {
for (i=1; i<=N; i++) {
for (j=1; j<=0.5*i*(i+1); j++) {
printf("*");
}
printf("\n");
}
}
return 0;
}
Sekian dari saya kalau ada kesalahan boleh dikasih tahu dan terima kasih. Bye bye 👋👋👋
Posting Komentar untuk "Coding Bahasa C untuk Segitiga Terbalik Sama Sisi dkk"