Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Tulang Berdasarkan Bentuknya




Jenis Tulang Berdasarkan Bentuknya

                 Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi tiga. Apa sajakah itu? Jawabannya adalah tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek.

                 Tulang pipa bentuknya panjang seperti pipa pada umumnya, mimiliki matriks yang menyebabkan tulang menjadi keras. Pada bagian ujungnya (epifise) terdapat sel-sel pembentuk tulang keras. Contoh dari tulang keras seperti tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengupil, dan lain sebagainya.

                 Tulang pendek berbentuk pendek, gilik, dan tidak berongga. Contoh dari tulang pendek seperti tulang telapak tangan, tulang telapak kaki, dan tulang jari.


                 Tulang pipih memiliki matriks, berongga, mengandung sumsum merah. Sumsum merah berfungsi sebagai tempat pembentukan sel-sel darah merah (eritrosit). Sel-sel darah merah ini dibuat oleh eritoblas (sel pembentuk sel darah merah) yang terdapat di dalam sumsum merah. Contoh tulang pipih adalah tulang dahi, tulang belikat, tulang dada, dan tulang panggul.

                 Di samping ketiga jenis tulang (pipa, pendek, dan pipih), sebenarnya masih ada satu jenis tulang lagi. Siapakah dia? Yap, jawabannya adalah tulang yang bentuknya tidak teratur. Contohnya adalah tulang-tulang pada tulang belakang.

                 Sekian yang dapat saya sampaikan tentang jenis tulang berdasarkan bentuknya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Jenis Tulang Berdasarkan Bentuknya"