Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Pergerakan Lempeng



Jenis-Jenis Pergerakan Lempeng
 

       Apakah kalian tahu bahwa lempeng bumi itu bergerak? Lempeng di bumi terdapat tujuh lempeng utama dan banyak lempeng-lempeng yang lebih kecil. Lempeng-lempeng tadi bergerak satu sama lain di mana pergerakan lempeng-lempeng ini kemudian bertemu pada satu zona tumbukan yang disebut dengan zona subduksi. Dengan pergerakan lempeng tektonik yang terjadi mampu membentuk muka bumi serta gejala-gejala alam, seperti gempa tektonik, letusan gunung api, dan tsunami. Pergerakan lempeng tektonik digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu :
1.      Divergen
Terjadi pada dua lempeng tektonik yang bergerak saling menjauhi (break apart). Ketika suatu lempeng tektonik pecah, lapisan litosfer menipis dan terbelah membentuk batas divergen.




Pada lempeng samudra, proses ini menyebabkan pemekaran dasar laut (seafloor spreading). Sedangkan pada lempeng benua, proses ini menyebabkan terbentuknya lembah retakan (rift valley) akibat adanya celah antara kedua lempeng yang saling menjauh tersebut.
2.      Konvergen
Terjadi  apabila dua lempeng tektonik tertelan (consumed) kea rah bumi yang mengakibatkan keduanya bergerak saling menumpu satu sama lain (one slip beneath another). Wilayah dimana suatu lempeng samudra terdorong ke bawah lempeng benua atau lempeng samudra lain disebut dengan zona tunjaman (subduction zones).



Bila dua lempeng benua dan lempeng samudra saling bertemu, saling menekan, mendorong, pada umumnya lempeng samudra akan menekuk ke dalam atenosfer, kemudian meleleh. Bahan lelehan terus ditekan kembali ke atas dengan kekuatan yang luar biasa, sehingga ada bagian yang mencapai permukaan dan terbentuklah gunung api serta daerah ini pun merupakan pusat gempa.
3.      Transform
Terjadi apabila dua lempeng tektonik bergerak saling menggelangsar (slide each other), yaitu bergerak sejajar namun berlawanan arah.



Keduanya tidak saling memberai maupun saling menumpu. Batas transform ini juga dikenal sebagai sesar ubahan-bentuk (transform fault).

Sekian dari saya yang dapat saya sampaikan tentang macam-macam jenis pergerakan lempeng bumi. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih dan sampai jumpa lagi pada postingan saya selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Pergerakan Lempeng"