Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mekanisme Pertukaran Gas (Antara O2 dan CO2)



Mekanisme Pertukaran Gas
(Antara O2 dan CO2)


Pertukaran gas terjadi di paru-paru, tepatnya pada alveolus. Pertukaran gas di alveolus terjadi secara difusi. Difusi adalah perpindahan zat dari konsentrasi tinggi (pekat) ke konsentrasi rendah (encer). Di bawah ini saya berikan  penjelasan mekanisme pertukaran gas yang terjadi di alveolus. Silakan baca dan pahami.
1.      Difusi O2
Difusi O2 melalui pembuluh kapiler darah sekeliling dinding alveolus. Pada alveolus, konsentrasi O2 lebih tinggi daripada konsentrasi O2 di dalam pembuluh darah. Sehingga O2 berdifusi menembus dinding alveolus kemudian menembus dinding pembuluh darah dan O2 kemudian diikat oleh Hb (Hemoglobin) sehingga menjadi HbO2 (Oksihemoglobin). Setelah itu HbO2 diangkut bersama darah menuju jaringan dan masuk ke dalam sel. Ketika di itu Hemoglobin melepaskan O2 untuk respirasi/pernafasan sel (Pernafasan intra sel).
2.      Difusi CO2
Hasil sisa pernafasan sel adalah CO2 yang kemudian diikat oleh Hb yang telah melepaskan O2 sehingga menjadi HbCO2. Kemudian HbCO2 diangkut bersama darah menuju paru-paru. Sehingga konsentrasi CO2 di pembuluh darah menjadi lebih tinggi dibanding konsentrasi CO2 di alveolus. Akibatnya CO2 berdifusi menembus dinding pembuluh darah lalu menembus dinding alveolus lalu CO2 keluar melewati saluran pernafasan.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua :D

Posting Komentar untuk "Mekanisme Pertukaran Gas (Antara O2 dan CO2)"