Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Pembekuan Darah dan Skema Pembekuan Darah


Proses Mekanisme Pembekuan Darah

            Hay semua! Apa kabar? Pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai materi biologi yang menarik untuk dibahas pada kesempatan kali ini. Di sini, saya akan membahas tentang proses pembekuan darah. Dari sekian banyak orang, pasti ada juga yang belum memahami proses pembekuan darah itu. Maka dari itu saya akan membantu kalian untuk memahaminya.
            Apakah kalian pernah jatuh dari sepeda? Jika pernah, pasti ada bagian yang terluka atau cedera. Bagian yang terluka atau cedera itu pasti menyebabkan pendarahan. Misalkan pendarahan itu pendarahan luar yang bisa kita lihat dengan saksama. Darah itu mengalir dari sumber luka. Namun, jika diperhatikan dengan teliti. Darah yang keluar lama-kelamaan berhenti dan membeku. Bagian darah, yakni keping darah (trombosit) akan pecah karena bersentuhan dengan luka yang kasar maka trombosit akan mengeluarkan trombokinase atau juga dikenal dengan sebutan tromboplastin yang mengubah protrombin (calon trombin atau trombin yang belum aktif) menjadi trombin karena adanya pengaruh dari ion Kalsium ( Ca2+ ) dan dari vitamin K. Trombin itu nantinya akan mengubah fibrinogen yang merupakan protein yang larut dalam plasma darah untuk menjadi benang-benang fibrin yang nantinya berfungsi dalam menutup luka dan menghentikan aliran darah. Proses ini disebut dengan pembekuan darah atau disebut juga hemostatis. Hemostatis adalah metode alami tubuh untuk mencegah pendarahan yang parah. Untuk skema pembekuan darah dapat anda lihat di bawah ini :

Skema pembekuan Darah



skema pembekuan darah, trombosit, darah


Oh iya ada tambahan, itu dalam skema ada tulisan FAH. Apa itu FAH? FAH adalah kependekan dari faktor anti hemofili. Apa maksudnya? Jika orang itu mempunyai penyakit hemofili atau tidak mempunyai FAH maka jika ia terluka dan mengeluarkan darah maka pendarahannya tidak bisa berhenti. Hal ini sangat berbahaya sekali karena bisa menyebabkan kematian. Sekian dari saya mengenai materi tentang proses pembekuan darah semoga bermanfaat. Maaf jika ada kekurangannya. Saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Proses Pembekuan Darah dan Skema Pembekuan Darah"