Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembagian Zaman Berdasarkan Geologi

Pembagian Zaman Berdasarkan Geologi


A. Pembagian Zaman Berdasarkan Geologi

     Hay semua, apa kabar? Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang pembagian zaman berdasarkan geologi. Zaman, apa itu zaman? Zaman adalah jangka waktu tertentu yang menandai sesuatu. Lantas apa itu geologi? Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Jadi, ada yang tahu apa pengertian dari pembagian zaman berdasarkan geologi? Pembagian zaman berdasarkan geologi adalah pembagian fase perkembangan kehidupan di bumi dalam kurun waktu tertentu berdasarkan atas struktur dan perkembangan bumi pada kurun waktu tersebut.

B. Macam-Macam Pembagian Zaman Berdasarkan Geologi

  1. Zaman Arkaikum/Azoikum/Arkezoikum
      Pada zaman ini, planet bumi baru terbentuk dengan ditandai dengan tingginya suhu kulit bumi sehingga tidak memungkinkan adanya kehidupan. Zaman ini berlangsung sejak 540 juta tahun sampai 2.500 juta tahun yang lalu.

       2. Zaman Paleozoikum
 
       Pada zaman ini, kehidupan mulai muncul karena suhu permukaan bumi sudah lebih dingin. Kehidupan ini jumlahnya masih sedikit dan diperkirakan jenisnya adalah mikroorganisme, ikan, dan reptil. Zaman ini juga sering disebut dengan zaman primer atau pertama karena hal tersebut (muncul kehidupan pertama kali) dan juga sering disebut dengan zaman purba tua. Zaman ini berlangsung sejak 245 juta tahun hingga 540 juta tahun yang lalu.
 
      3. Zaman Mesozoikum

     Zaman ini juga disebut dengan zaman purba tengah. Zaman ini ditandai dengan adanya hewan mamalia, amfibi, burung, dan tumbuhan berbunga. Dan pada zaman ini, reptil pun berkembang ukurannya hingga sangat besar, contohnya adalah para dinosaurus. Zaman ini berlangsung sejak 65 juta tahun hingga 245 juta tahun yang lalu. 

      4. Zaman Senozoikum/Kenozoikum/Neozoikum

      Zaman ini disebut dengan zaman purba baru, dimulai sejak 65 juta tahun yang lalu hingga sekarang. Pada zaman ini, keadaan bumi lebih stabil dan lebih baik. Di zaman ini, hewan-hewan berukuran besar punah, contohnya adalah tyrannosaurus-rex atau sering dikenal dengan sebutan Tyrex. Zaman ini juga masih dibagi menjadi dua tahap, yaitu  zaman tersier dan zaman kuarter. Zaman tersier adalah zaman menghilangnya reptil raksasa dan berkembangnya binatang mamalia (menyusui). Pada zaman ini, makhluk primata jenis kera mulai muncul lalu muncul jenis primata orang utan. Kemudian ada Zaman Kuarter. Zaman kuarter adalah zaman dimana adanya kehidupan manusia.

      Sekian dari saya dapat saya paparkan tentang pengertian dan macam-macam pembagian zaman berdasarkan geologi beserta ciri-cirinya. Terima kasih atas kunjungannya dan mohon maaf bila ada kekurangan. Good bye!

Posting Komentar untuk "Pembagian Zaman Berdasarkan Geologi"