Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Planet Mars Bercincin?


Planet Mars Bercincin?



 
Planet Mars Bercincin? ~ Apakah kamu tahu tentang planet Saturnus? Yap, planet yang terkenal dengan sebutan planet bercincin. Katanya planet ini akan punya temannya lho. Siapa ya yang akan jadi temannya? Jawabannya adalah planet Mars.
Mengapa planet Mars akan menjadi temannya? Hal ini karena planet Mars diperkirakan oleh para ilmuwan beberapa tahun lagi akan mempunyai sebuah cincin. Darimana asalnya? Cincin itu berasal dari serpihan debu dari salah satu satelit alami Mars, Phobos. Satelit alami itu akan diperkirakan akan perlahan hancur berubah menjadi debu. Saat ini, bahkan sudah ada awan debu yang menelilingi Mars.
Menurut para ilmuwan, debu-debu yang berukuran kecil biasanya akan tersapu oleh angin matahari. Lalu, debu-debu dengan ukuran besar akan tertarik gravitasi Mars.
Debu-debu yang tertarik inilah yang diperkirakan akan membentuk cincin. Debu-debu itu berasal dari luar angkasa dan serpihan Phobos yang sudah mulai tergerus oleh hantaman meteoroid. Sebenarnya, perkiraan bahwa Mars akan memiliki cincin seperti Saturnus ini sudah lama muncul. Hanya saja, waktu itu para ilmuwan belum bisa membuktikannya.


Posting Komentar untuk "Planet Mars Bercincin?"