Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Pernapasan Pada Manusia



Sistem Pernapasan Pada Manusia



Manusia merupakan makhluk hidup yang bernafas menggunakan paru-paru. Tujuan dari bernafas adalah untuk mendapatkan energi. Energi dihasilkan dari proses perombakan makanan ( seperti karbohidrat, lemak, protein) di dalam sel-sel tubuh.
Proses pernapasan pada manusia meliputi:
1.      Pengambilan oksigen melalui alat-alat pernafasan dan kemudian diangkut ke seluruh tubuh melalui darah.
2.      Oksidasi makanan dalam sel-sel tubuh  »» C6H12O6 + O2 » CO2 + H2O + Energi.
3.      Pengeluaran zat CO2 dan H2O melalui alat-alat pernafasan.
Apakah kamu tahu urutan-urutan masuknya udara ke dalam tubuh kita? Urutannya adalah sebagai berikut : Udara di luar tubuh » rongga hidung » Tekak (Faring) » Tenggorokan (Trakea) » Cabang tenggorokan (Bronkus) » Cabang Bronkus (Bronkioulus) » Alveolus.  Untuk lebih jelanya tentang fungsi dan penjelasannya akan saya terangkan dibawah.
1.      Rongga hidung (cavum nasalis)
Fungsi utama rongga hidung adalah sebagai pintu utama masuk keluarnya udara pernafasan. Di dalam hidung, udara mengalami beberapa perlakuan dianataranya seperti :
1)   Udara yang masuk ke hidung akan disaring terlebih dahulu oleh rambut hidung.
2)   Udara dihangatkan oleh kapiler darah yang ada di dalam hidung, sehingga suhunya sesuai dengan suhu tubuh (Penyesuian suhu).
3)   Udara dilembabkan oleh lapisan lendir yang ada di dalam rongga hidung.
2.      Faring
Faring merupakan persimpangan antara saluran pernafasan (tenggorokan) dan rongga pencernaan (kerongkongan). Pada bagian belakang faring terdapat laring. Laring disebut pula pangkal tenggorok. Pada laring terdapat pita suara dan epiglotis atau katup pangkal tenggorokan.
3.      Tenggorokan (Trakea)
Lapisan dalam yang tersusun atas jaringan epitelium bersilia yang banyak menghasilkan lendir, berperan menangkap debu maupun mikroorganisme yang masuk saat menghirup udara, kemudian didorong menuju belakang mulut dan dikeluarkan dengan cara batuk.
4.      Bronkus dan bronkiolus
Bronkus merupakan cabang dari pangkal batang tenggorokan yaitu berjumlah dua cabang, satu menuju paru-paru kiri dan satunya lagi menuju paru-paru kanan. Di dalam paru-paru, bronkus bercabang menjadi beberapa bronkiolus. Bronkus kanan bercabang menjadi tiga bronkiolus, sedangkan bronkus kiri bercabang menjadi dua bronkiolus. Bronkiolus bermuara pada alveolus.
5.      Alveolus
Alveolus berbentuk seperti gelembung-gelembung yang diselimuti oleh kapiler darah. Alveolus berfungsi mengikat oksigen dari udara dan melepas karbondioksida ke udara.

Posting Komentar untuk "Sistem Pernapasan Pada Manusia"