Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia



Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Cobalah bayangkan ada dua orang yang sebaya. Seorang yang pertama bertubuh tinggi dan bertubuh atletis dan seorang yang lain yang bertubuh pendek dan berbadan kurus sekali. Sekarang pertanyaanya mengapa kedua orang tersebut memiliki badan yang berbeda walaupun mereka berumur sebaya? Pastilah ada faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Apakah kalian mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia? Faktor-faktor inilah yang akan saya jelaskan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia antara lain sebagai berikut :

1.      Makanan bergizi
Empat sehat Lima Sempurna
Makanan sangat penting bagi tubuh kita. Tubuh kita memerlukan zat gizi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang sesuai prinsip gizi seimbang. Gizi yang seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kebutuhan gizi tiap orang berbeda-beda, tergantung pada faktor usia, aktivitas, dan kondisi kesehatan. Zat gizi yang dibutuhkan tubuh meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.
 Selain makanan, tubuh juga memerlukan air. Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat air putih diantaranya menjaga kadar cairan tubuh agar tubuh tidak kekurangan cairan serta membantu proses pembuangan sisa-sisa pencernaan.
2.      Bahan tambahan makanan
Selain zat-zat gizi tadi, makanan juga mengandung zat lain yang ditambahkan ke dalamnya. Zat ini disebut bahan tambahan makanan atau sering disebut zat aditif. Zat aditif pada umumnya tidak bergizi pada tubuh kita.
Zat aditif terdiri atas zat aditif alami dan zat aditif buatan. Tujuan dari penambahan zat aditif adalah untuk menambah daya tahan, cita rasa, dan warna makanan. Zat aditif terdiri atas bahan pengawet, bahan penyedap, dan bahan pewarna.
Terlalu banyak bahan aditif buatan sangat berbahaya bagi tubuhmu. Bahan pengawet yang berlebihan dapat menyebabkan makanan tidak dapat dicerna tubuh dengan baik. Akibatnya, tubuhmu tidak dapat menyerap gizi makanan sehingga pertumbuhan tubuhmu terhambat. Makanan dengan bahan pewarna dan penyedap buatan juga tidak baik pada tubuh. Terutama jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh. Maka pilihlah makanan yang sehat yang terjamin kebersihan dan kesehatannya.
3.      Rekreasi
Rekreasi dibutuhkan oleh manusia untuk menghilangkan rasa jenuh. Kita dapat jenuh atau bosan karena menjalani rutinitas sehari-hari. Rekreasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Menekuni hobi dapat menghilangkan kejenuhan. Bermain dengan teman dan mengunjungi tempat-tempat baru juga dapat menghilangkan rasa jenuh. Setelah berekreasi, pikiran akan kembali segar. Badan juga terasa lebih segar. Kita pun akan kembali siap melakukan aktivitas dengan semangat baru.
4.      Istirahat 
Setelah melakukan kegiatan sehari-hari, tubuh kita pasti lelah. Tubuh kita membutuhkan istirahat. Istirahat yang paling baik adalah tidur. Ketika tidur, seluruh tubuh beristirahat. Dengan begitu tubuh kita akan segar kembali di saat bangun.
5.      Olahraga
Melakukan olahraga secara teratur sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembanganmu. Manfaat berolahraga secara teratur yaitu peredaran darah lancar, jantung sehat, otot-otot tubuh kuat dan lentur, tulang kuat, dan tubuh kita tidak mudah merasa lelah. Biasakan berolahraga secara teratur. Paling sedikit dua kali dalam seminggu.


Sekian dari saya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih dan sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia"