Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hujan Asam


Hujan Asam





Untuk postingan kali ini, saya akan membahas tentang hujan asam. Hujan asam itu berbeda lho dengan hujan air biasa. Karena hujan asam itu dapat membuat besi berkarat, menghancurkan jaringan tumbuhan, dan lain-lain.
Apakah kamu tahu bahwa pH (derajat keasaman) normal air hujan itu adalah 5,6 bersifat sedikit asam, hal ini karena adanya CO2 atmosfer. Pencemar udara seperti SO2 dan NO2 yang terkandung dalam asap pabrik maupun kendaraan bermotor, bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan. Semakin rendah pH suatu cairan maka sifat asam semakin tinggi. Apabila asam terkondensasi (menjadi embun) di udara dan kemudian jatuh bersama air hujan terjadilah apa yang disebut dengan hujan asam.
Apakah kamu tahu efek hujan asam yang selain saya sebutkan tadi?  Baiklah ini beberapa efek hujan asam yang merugikan antara lain sebagai berikut :
1.     Melarutkan kalsium, potassium, dan nutrient berharga dari tanah sehingga tanah menjadi kurang subur.
2.     Melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga mempengaruhi kualitas air permukaan tanah.
3.     Menghancurkan jaringan tumbuhan dan mengganggu pertumbuhan sehingga merusak tanaman.
4.     Hujan asam yang jatuh ke danau melalui aliran menyebabkan pH turun pada ekosistem tersebut.
5.     Bersifat korosif sehingga merusak material dan bangunan.

Cukup sekian kawan tentang penjelasan hujan asam. Semoga bermanfaat bagi kita bersama. Sampai jumpa lagi pada postingan saya berikutnya. Good bye.

Posting Komentar untuk "Hujan Asam"