Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mekanisme Pernafasan Dada maupun Perut



Mekanisme Pernafasan

Pada proses masuk keluarnya O2 atau Co2 di alveolus, dipengaruhi oleh difusi (perpindahan gas dari tekanan tinggi/ hipertonis ke tekanan rendah/ hipotonis. Di bawah ini saya berikan penjelasan mekanisme/ proses pernafasan. Mekanisme pernafasan ada 2 macam :

1.      Pernafasan dada (Yang berkontraksi otot antar tulang rusuk)
a)      Inspirasi (Menarik nafas)
Otot antar tulang rususk berkontraksi sehingga tulang rusuk naik, volume rongga dada membesar dan tekanan udara pada rongga dada kecil (lebih kecil dari tekanan udara di luar tubuh), akibatnya udara luar masuk ke paru-paru (terjadilah inspirasi).
b)      Ekspirasi (Menghembuskan nafas)
Otot antar tulang rususk relaksasi (mengendur) sehingga tulang rusuk turun, volume rongga dada mengecil dan tekanan udara pada rongga dada membesar (lebih besar dari tekanan udara di luar tubuh), akibatnya udara di dalam paru-paru keluar (terjadilah ekspirasi).

2.      Pernafasan perut (Yang berkontraksi otot diafragma)
Diafragma adalah otot yang terdapat (membatasi) di antara rongga dada dan rongga perut.
a)      Inspirasi (Menarik nafas)
Otot diafragma berkontraksi sehingga kedudukan diafragma turun/mendatar, volume rongga dada membesar, dan tekanan udara pada rongga dada kecil (lebih kecil dari tekanan udara di luar tubuh), akibatnya udara di luar masuk ke paru-paru (terjadilah inspirasi).
b)      Ekspirasi (Menghembuskan nafas)
Otot diafragma relaksasi sehingga kedudukan diafragma melengkung ke atas (posisi semula), volume rongga dada mengecil, dan tekanan udara pada rongga dada membesar (lebih besar dari tekanan udara di luar tubuh), akibatnya udara di dalam paru-paru keluar (terjadilah ekspirasi).


Kesimpulannya pernafasan dada menggunakan kata kunci “otot antar tulang rusuk” sedangkan pernafasan perut menggunakan kata kunci “otot diafragma”. Untuk mengetahui apakah inspirasi atau ekspirasi tinggal melihat apakah otot-otot tersebut (otot antar tulang rusuk atau otot diafragma) berkontraksi atau relaksasi. Sekian dari saya semoga bermanfaat. :D

Posting Komentar untuk "Mekanisme Pernafasan Dada maupun Perut"