Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Pembelahan Sel Secara Mitosis dan Secara Meiosis Biologi SMP Kelas 9

Skema Pembelahan Sel Secara Mitosis



                 Kehidupan merupakan salah satu anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan menciptakan segala sesuatu sesuai kehendaknya. Salah satu ciptaannya adalah makhluk hidup. Makhluk hidup terdiri atas tumbuhan, hewan, dan manusia.
                 Tahukah kamu bahwa struktur organisasi kehidupan dimulai dari unit kehidupan kecil yaitu sel. Sel itu bentuknya sangat kecil sehingga diperlukan alat optik untuk melihatnya, khususnya dengan mikroskop. Sel-sel itu ada dua jenisnya, yaitu sel somatik (tubuh) dan sel kelamin. Sel-sel yang sama struktur dan fungsinya bergabung membentuk jaringan. Beberapa jenis jaringan membentuk struktur yang disebut dengan organ. Beberapa organ yang saling berkaitan membentuk sistem organ, dan selanjutnya beberapa sistem organ tersebut menyusun terbentuknya suatu organisme.
                 Makhluk hidup yang tersusun atas satu sel saja disebut dengan makhluk hidup uniseluler. Contohnya bakteri, amoeba, paramecium, euglena, dan ganggang biru-hijau. Sedangkan makhluk hidup yang tersusun oleh sejumlah sel disebut dengan makhluk hidup multiseluler dimana segala fungsi kegiatannya dilakukan oleh sel-sel khusus.
                 Berdasarkan ada tidaknya membran inti, sel dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti, contohnya sel bakteri dan alga biru. Eukariotik yaitu sel yang memiliki membran pelindung material inti. Oh iya, sel itu ditemukan pertama kali oleh Robert Hooke pada tahun 1665 lho! Baru tau?
Apakah kamu tahu bahwa sel itu terus mengalami pembelahan. Pembelahan itu bertujuan untuk perbaikan, pertumbuhan, dan reproduksi atau perkembangbiakan. Dari Rudolf Virchow menyatakan dalam teorinya tentang sel bahwa “Omnis cellula e cellula” yang berarti “sel hidup berasal dari sel yang sudah ada”. Sebenarnya ada 3 macam reproduksi sel, yaitu Amitosis, Mitosis, dan Meiosis.
            Pada Kesempatan ini, saya akan membahas tentang perbedaan pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis. Perbedaannya sebagai berikut ini :
Pembeda
Mitosis
Meiosis
Tahap pembelahan
Satu kali
Dua kali
Jumlah sel anakan
Dua sel
Empat sel
Jumlah kromosom sel anak
Sama dengan sel induk
Setengah dari sel induk
Sifat kromosom anak
Diploid (2n)
Haploid (n)
Tempat pembelahan
Sel tubuh (somatik)
Sel kelamin (gamet)

          Sekian dari saya tentang perbedaan pembelahan sel secara mitosis dan secara meiosis. Semoga bermanfaat. Saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa.





Posting Komentar untuk "Perbedaan Pembelahan Sel Secara Mitosis dan Secara Meiosis Biologi SMP Kelas 9"