Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumbuhan Monokotil



Tumbuhan Monokotil


       Tumbuhan monokotil merupakan salah satu jenis dari tumbuhan angiospermae. Tumbuhan monokotil (tumbuhan berkeping satu) adalah tumbuhan berbunga yang bijinya tidak membelah karena hanya memiliki satu daun lembaga.
Kelompok tumbuhan ini mencakup berbagai tumbuhan yang berperan vital dalam kehidupan manusia. Sebagai sumber pangan, sumber energi nabati, sumber bahan baku industri, perumahan, dekorasi, pakaian, media penulisan, zat pewarna, dan sebagainya.  
Ciri-ciri yang dimiliki tumbuhan monokotil :
·         Bentuk akar serabut.
·         Bentuk tulang melengkung atau sejajar.
·         Jumlah keping biji atau kotiledon satu buah.
·         Pada akar dan batang tidak terdapat kambium.
·         Jumlah mahkota bunga kelipatan tiga.
·         Pertumbuhan akar dan batang tidak berkembang membesar.

Tumbuhan monokotil dibagi menjadi beberapa suku, antara lain :
·         Suku rumput-rumputan, antara lain padi (Oryza sativa), tebu (Saccharum officinarum), jagung (Zea mays), gandum (Triticum sativum), dan alang-alang (Imperata cylindra).
·         Suku pinang-pinangan (Palmae), antara lain kelapa (Cocus nucifera), salak (Zalaca edulis), pinang (Areca cathecu), rotan (Calamus manna), sagu (Metroxilon sago), kelapa sawit (Elaeis guinensis), dan nipah (Nypha fructicans).
·         Suku bawang-bawangan (Liliaceae), antara lain lidah buaya (Aloe vera) dan kasintu atau lidah mertua (Sansivera trifasciata).
·         Suku jahe-jahean (Zingiberaceae), antara lain jahe (Zingiber officinale), kunyit (Curcuma domestica), lengkuas (Alpinia galanga), dan kencur (Kaempferia galanga).
·         Suku anggrek-anggrekan (Orchidaceae), contohnya anggrek bulan, anggrek laba-laba, dan lainnya.
·         Suku pisang-pisangan (Musaceae), contohnya pisang hijau (Musa paradisiaca).
·         Suku nanas-nanasan (Bromiliaceae), contohnya nanas.


Sekian dari saya tentang postingan saya yang bertema tumbuhan monokotil. Apabila kalian ingin membaca potingan tentang tumbuhan dikotil atau membaca tentang perbedaan antara monokotil dan dikotil, silakan tinggal di klik saja. Terima kasih dan sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Tumbuhan Monokotil "