Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Ciri-Ciri Makhluk Hidup


Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Di dunia ini terdapat 2 jenis benda, yaitu benda mati dan benda hidup (bernyawa). Suatu benda dapat dikatakan hidup bila memenuhi syarat atau ciri-ciri yang dimiliki oleh benda hidup atau makhluk hidup.
Maka dari itu, saya akan memberikan ciri-cirinya. Ciri-ciri makhluk hidup itu ada 8, antara lain sebagai berikut :
1.      Bergerak

Semua makhluk hidup bergerak. Mereka bergerak dengan berbagai cara. Kupu-kupu bergerak dengan terbang. Ikan bergerak dengan berenang. Ular bergerak dengan merayap di tanah.
Tumbuhan juga bergerak, tetapi tidak berpindah tempat. Gerak pada tumbuhan tidak mengakibatkan tumbuhan berpindah tempat. Ini disebut gerak pasif. Tumbuhan bergerak karena pengaruh rangsang : air, sinar matahari, panas, atau sentuhan. Gerak pada tumbuhan misalnya mekar dan menguncupnya bunga.
2.      Bernapas

Bernapas adalah kegiatan menghirup dan menghembuskan udara. Semua makhluk hidup memerlukan udara dan mereka semua juga memiliki alat pernapasan. Cara bernapasnya berbeda-beda. Manusia bernapas dengan paru-paru, sedangkan tumbuhan dengan daunnya.
3.      Makan dan minum (Memerlukan makanan/nutrisi)

Makhluk hidup pasti makan dan minum. Makanan diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan digunakan tubuh untuk menghasilkan energi. Tenaga itulah yang diperlukan makhluk hidup untuk melakukan suatu kegiatan.
4.      Mengalami pertumbuhan (Tumbuh dan berkembang)

Pertumbuhan adalah perubahan pada tubuh menjadi lebih besar, tinggi, dan berat. Semua makhluk hidup akan mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan pada manusia ditandai dengan bertambahnya berat badan, tinggi badan, dan besar tubuh.Tumbuhan juga mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan pada tumbuhan ditandai dengan daun bertambah banyak, batang membesar, dan tinggi bertambah. Pertumbuhan pada tumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan hewan dan manusia.
5.      Berkembang biak (Reproduksi)

Makhluk hidup berkembang biak, artinya makhluk hidup menghasilkan keturunan sejenis atau sama dengan induknya. Tujuannya untuk menjaga agar tidak punah. Cara berkembang biak makhluk hidup berbeda-beda.
Cara berkembang biak pada hewan tidak sama dengan tumbuhan. Hewan berkembang biak dengan tiga cara, yaitu bertelur (ovipar), beranak (vivipara), atau bertelur dan beranak (ovovivipar).
Tumbuhan pun dapat berkembang biak. Padi, jagung, semangka, dan durian berkembang biak dengan biji. Namun, ada juga yang tidak berkembang biak dengan biji. Misalnya menggunakan bagian tubuh dari induknya, seperti bagian akar, batang, dan daun. Contohnya adalah pohon pisang yang berkembang biak dengan tunas. Singkong berkembang biak dengan batangnya.
6.      Peka terhadap rangsang (Irritabilitas)

Makhluk hidup tanggap terhadap rangsangan. Makhluk hidup akan bereaksi jika mendapat rangsangan. Contohnya pada tumbuhan adalah tumbuhan putri malu apabila disentuh daunnya akan menutup atau menguncup. Manusia juga peka terhadap rangsangan. Saat kamu tidak sengaja memegang benda panas, kamu pasti akan langsung menarik tanganmu.
7.      Mengeluarkan zat sisa (Eksresi)

Sisa metabolisme antara lain urea dan karbon dioksida yang harus dibuang dari dalam tubuh karena dapat meracuni tubuh.
8.      Menyesuaikan diri terhadap lingkungan (Adaptasi)

Merupakan usaha makhluk hidup untuk bertahan hidup. Adaptasi biasanya dilakukan karena adanya perubahan lingkungan.

Sekian dari saya tentang 8 ciri-ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih dan sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "8 Ciri-Ciri Makhluk Hidup"