Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Kancil Menipu Kera



Kancil Menipu Kera




       Alkisah, ada seekor kera yang menemukan kebun pisang yang luas dan banyak buahnya. Ia senang bukan kepalang. Ia menceritakan semua itu kepada hewan-hewan lainnya.
 “Tapi ingat ya, kebun itu milik Pak Tani. Jika kalian ke sana pasti akan dibunhnya.” kata kera
Si kancil yang juga mendengar kabar tentang kebun pisang yang luas itu akhirnya mulai penasaran ingin mencarinya. Setelah bersusah payah, ia akhirnya menemukan kebun pisang milik Pak Tani. Kancil menyusup masuk ke dalam. Namun, ia tidak bisa mengambil pisang-pisang di atas pohon. Ia pun berpikir keras untuk bisa mengambil pisang itu. Tiba-tiba Kancil dilempari kulit pisang. Ia pun bermaksud lari takut yang melemparinya adalah Pak Tani. Namun, ketika ia mendongak ke atas tahulah pelempar kulit pisang itu adalah si Kera.
“Sialan ternayata kamu Kera! Dasar kera jelek dan bodoh!”
“Hehehe! Biar bodoh begini aku bisa memanjat dan menikmati buah pisang yang lezat ini sepuas hatiku!”
“Dasar kera bodoh! Lemparanmu tadi sebenarnya tidak mengenai tubuhku. Sebab kau melemparnya hanya dengan kulitnya saja. Coba saja kalau kamu melempariku dengan pisangnya pasti kena!” Tapi apa kau bisa  kera bodoh!”
Kera yang tersinggung hatinya ketika disebut bodoh langsung melempari Kancil dengan pisang betulan yang matang.
“Nih! Benjut kau!”
Kancil berkelit, pisang tidak mengenai tubuhnya.
“Dasar Kera bodoh! Lemparanmu meleset lagi!”
Cukup banyak pisang matang yang dilempar oleh Kera, ada tiga puluh buah kini tinggal dua buah pisang matang yang ada di pohon.
“Hehehe.... ayo masih mau mencoba melempar lagi?” ejek Kancil.
Kera nekat melempar lagi namun lemparannya tetap meleset. Kini Kera mulai sadar bahwa Kancil memang sengaja mengibulinya. Karena tinggal satu buah dan Kera masih lapar. Ia tidak jadi melempari Kancil lagi. Ia memutuskan untuk memakannya walaupun tersisa satu.
Sementara Kancil segera mengumpulkan pisang-pisang yang berceceran dan memakannya dengan sepuas hati. “Hehehe dasar kera bodoh!”

*****


Posting Komentar untuk "Kisah Kancil Menipu Kera"