Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara Belanda sebagai Negara Maju



Si Negeri Kincir Angin 





     Apakah kamu  sudah tahu tentang negara Belanda? Negara yang berjuluk negeri kincir angin ini sudah terkenal sejak dulu. Negeri ini merupakan salah satu negara maju di dunia. Apa saja sih potensi yang dimiliki Belanda sehingga dapat menjadi negara maju? Berikut beberapa potensi yang dimiliki oleh Belanda :

A.   Kondisi Alam Negara Belanda
     Belanda terletak di Eropa Barat. Belanda berbatasan dengan Laut Utara di sebelah utara dan barat,Belgia di sebelah selatan dan Jerman di sebelah timur. Kondisi ini menyebabkan kemudahan akses bagi penduduk untuk bepergian ke negara lain. Secara astronomis, Belanda terletak di antara 50o LU – 53o LU dan 3o BT – 7o BT dengan luas wilayah sekitar 41.160 km2  sehingga memiliki iklim sedang. Secara geografis, wilayah Belanda berada pada pusat pelayaran dan perdagangan di Eropa Barat sehingga memudahkan untuk menjalin kerjasama dibidang perdagangan dengan negara lain. Sebagian besar wilayah Negara Belanda merupakan dataran rendah bahkan hampir 45% wilayahnya berada di bawah permukaan laut sehingga masyarakat Belanda banyak membangun tanggul- tanggul dan kanal sebagai tempat pemukiman.


B.    Sumber Daya Alam
Dalam hal sumber daya alam, Belanda memiliki sumber daya yang terbatas namun ada beberapa sumber daya  tambang yang bisa diandalkan,antara lain:
1. Gas alam dari Groningen (terbesar di dunia)
2. Minyak bumi diusahakan di bagian timur laut. Di Rotterdam terdapat kilang minyak dan industri petrokimia.
3. Batu bara ditambang di daerah Limburg
4. Deposit garam yang berada di Holland Timur


C.    Sumber Daya Manusia
Pada tahun 2002, penduduk Belanda berjumlah 16,1 juta jiwa dengan rata-rata pertumbuhan penduduk 0,6% per tahun. Angka harapan hidup di Belanda sudah mencapai angka 78,3 tahun, tetapi 10,5% dari jumlah penduduk dewasanya tidak memiliki keterampilan membaca dan menulis. Dari data UNDP, pada tahun 1990-2000 jumlah penduduk Belanda yang hidup di bawah garis kemiskinan sekitar 7,3% dan jumlah tenaga kerja yang ada masih menganggur 0,8%.Penduduk belanda banyak yang bekerja di sektor pertanian dan industri.   Pendapatan per kapita pada tahun 2002 mencapai 29,100 US$, dengan rata-rata pertumbuhan tahunannya sekitar 2,2%.  Sekolah-sekolah Belanda didukung pemerintah. Anak-anak diwajibkan untuk bersekolah dari usia 4 sampai 16 tahun. Setelah sekolah dasar, mereka dapat meneruskan ke salah satu dari beberapa jenis sekolah menengah, tergantung kemampuan. Sekolah-sekolah ini melengkapi siswa dengan pendidikan umum atau kejuruan (perdagangan) atau mempersiapkan mereka untuk memasuki universitas.



D.    Kondisi Sosial Budaya
Negara Belanda memiliki sarana prasarana yang sangat mendukung bagi perkembangan negaranya. Belanda membangun sekolah yang nyaman untuk sarana dalam bidang pendidikan. Belanda mempunyai sarana pelabuhan yang mendukung untuk lalu lintas kapal-kapal besar di kota-kota besar seperti Eidhohen, Rotterdaam dan Amsterdam. Sehingga kapal besar antarnegara bisa singgah di Belanda. Belanda juga membuat jalan khusus bagi pesepeda agar nyaman. Dalam hal IPTEK, sebagian besar penduduk Belanda sudah menguasai. Dan dimanfaatkan untuk sasuatu yang sangat berguna misalnya dalam hal mengembangkan Alat Pembangkit Listrik Tenaga Angin yaitu berupa kincir angin. Di Belanda banyak terdapat kincir angin yang terpasang sehingga Belanda dijuluki “Negara Kincir Angin”.

Posting Komentar untuk "Negara Belanda sebagai Negara Maju"