Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggolongan Otot Berdasarkan Cara Kerjanya



Penggolongan Otot Berdasarkan Cara Kerjanya



Berdasarkan cara kerjanya, otot dibagi menjadi dua jenis. Apa sajakah itu? Yang pertama adalah otot sinergis lalu yang kedua adalah otot antagonis. Untuk lebih jelasnya lagi silakan baca artikel di bawah ini.
1.      Otot Sinergis
Otot sinergis adalah otot-otot yang saling mendukung (bekerja sama), artinya otot-otot yang berkontraksi dan berelaksasi secara bersama-sama.
Contoh :
·         Otot antar tulang rusuk yang bekerja sama ketika menarik napas.
·         Otot pronator yang menyebabkan telapak tangan menelungkup.
·         Otot pronator teres dan otot pronator kuadratus pada lengan bawah.
2.      Otot Antagonis
Otot antagonis yaitu otot-otot yang bekerja secara berlawanan, artinya apabila otot yang satu berkontraksi, maka otot yang lain akan berelaksasi. Gerak antagonis dapat mengakibatkan beberapa jenis gerakan seperti berikut.
1)      Fleksi (Fleksor atau bengkok) dan Ekstensi (Ekstensor atau lurus)

Fleksi merupakan gerak menekuk atau membengkokkan, sedangkan ekstensi merupakan gerak meluruskan. Contohnya pada gerak bagian siku, lutut, ruas-ruas jari, dan bahu.
2)      Adduksi (Adduktor atau dekat) dan Abduksi (Abduktor atau jauh)

Adduksi merupakan gerak mendekati tubuh, sedangkan abduksi merupakan gerak menjauhi tubuh. Sebagai contohnya pada saat gerak merentangkan tangan, membuka tungkai kaki, dan mengacungkan tangan.
3)      Elevasi (Elevator atau atas) dan Depresi (Depresor atau bawah)

Elevasi merupakan gerak mengangkat, sedangkan depresi merupakan gerak menurunkan. Contohnya pada saat menengadahkan dan menundukkan kepala.
4)      Supinasi (Supinator atau tengadah) dan Pronasi (Pronator atau telungkup)

Supinasi merupakan gerak menelentangkan dan pronasi adalah gerak menelungkupkan. Contohnya pada saat menelentangkan dan menelungkupkan telapak tangan.
5)      Inversi dan Eversi

Inversi merupakan gerak memutar kaki sehingga sisi medial (dalam) telapak kaki terangkat ke dalam. Eversi merupakan gerak memutar kaki sehingga sisi lateral (luar) telapak kaki terangkat ke luar. Sebagai contoh, gerak inversi yaitu memiringkan (membuka) telapak kaki ke arah dalam tubuh, sedangkan gerak eversi yaitu memiringkan (membuka) telapak kaki ke arah luar tubuh.

Sekian dari saya tentang pengelompokkan otot berdasarkan cara kerjanya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Thank you and good bye.


Posting Komentar untuk "Penggolongan Otot Berdasarkan Cara Kerjanya "