Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paus Pipis? Sebanyak Apa Ya?


Paus Pipis? Sebanyak apa ya pipis paus itu?

Apakah kamu pernah terbayang enggak, berapa banyak pipis paus yang ada di lautan? Lalu, apakah ketika bermain di laut, kita terkena pipis paus? Hihihi… ;P

Paus merupakan salah satu makhluk hidup di bumi. Maka paus pasti juga bisa membuang kotorannya ataupun pipi karena hal itu merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Bila ada makhluk hidup yang tidak bisa buang kotoran ataupun pipis, pasti ia mempunyai suatu kelainan.

Pipis paus tidak mudah untuk diteliti. Namun, para peneliti dapat memperkirakan jumlah pipis beberapa jenis paus. Contohnya; paus sei yang merupakan spesies paus balin, memiliki panjang tubuh 18 meter dan beratnya mencapai 45.000 kg, dapat pipis sekitar 627 liter per hari.

Ada juga paus sirip yang panjangnya 26 meter dan beratnya lebih dari 72 kg, menurut penelitian para ahli, setiap harinya pipis sekitar 974 liter. Wow ..., banyak ya!

Jadi, apakah kita terkena pipis paus ketika berenang di laut? Air laut itu jumlahnya sekitar 1,3 milyar km kubik. Itu banyaaak sekali. Jadi, dibandingkan dengan air laut yang sebanyak itu, ribuan liter pipis paus sekalipun mungkin hanya seperti jarum di tumpukan jerami. Enggak perlu khawatir!

Apalagi, pipis paus bukan sembarang kotoran. Pipis dan kotoran paus ternyata sangat berguna bagi makhluk hidup lain, seperti memberi nutrisi bagi makhluk-makhluk kecil seperti fitoplankton dan alga. Dengan nutrisi yang baik, fitoplankton dan alga dapat berkembang dengan baik, sehingga mereka bisa menjadi makanan yang bernutrisi juga bagi ikan-ikan yang memangsanya.

Wah, akhirnya kita tahu ternyata pipis paus pun berguna dan tidak sebanyak yang kita bayangkan. Silakan pipis paus .... ;P

Posting Komentar untuk "Paus Pipis? Sebanyak Apa Ya?"