Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Kapasitas Flashdisk








Cara Menambahkan Kapasitas Flashdisk~Flashdisk merupakan salah satu perangkat keras atau biasa disebut dengan sebutan hardware yang berguna untuk memindahkan data dari komputer satu ke komputer lain. Flashdisk memiliki berbagai jenis dengan berdasarkan atas kapasitasnya, seperti flashdisk dengan kapasitas total 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, 32 GB, dan seterusnya. Flashdisk juga punya kerabat juga lho, seperti CD, DVD, dan hardisk karena mereka punya fungsi yang sama.
Apa kalian sudah menyangka jika kalian membeli flashdisk, misal 8 GB, pasti bila di cek di komputer kok kapasitasnya kurang dari 8 GB. Kenapa ya kok bisa terjadi? Itu terjadi karena punya alasan tersendiri. Alasannya adalah dari kapasitas total harus digunakan beberapa untuk menjalankan sistem operasi dari flashdisk itu sendiri dan setiap merk flashdisk juga berbeda dalam mengatur banyak sedikitnya kapasitas yang digunakan dalam menjalankan sistem operasi flashdisk. Misal ada dua buah flashdisk dengan merk A dan merk B yang sama-sama memiliki kapasitas total 8 GB. Setelah dicek di komputer, ternyata kapasitas flashdisk A yang bisa digunakan adalah 7,31 GB, sedangkan pada flashdisk bermerk B memiliki kapasitas yang dapat digunakan sebesar 7,25 GB. Jadi, terbukti bukan?
Namun, kamu juga dapat menambahkan kapasitas flashdisk kamu lho! Tapi cara ini hanya menambahkan beberapa MB hingga ratusan MB aja kok. Caranya mudah sekali lho. Pertama tancapkan flashdisk kamu ke komputer dan pastikan flashdisk kamu masih kosong. Kemudian klik kanan pada flashdisk kamu dan pilih “Format...”. 



Lalu pada pilihan “Allocation unit size” pilih 64 kilobytes. Mengapa 64 kb? Karena bila kita pilih yang semakin kecil / semakin ke atas maka kapasitas pakai flashdisk kamu akan semakin berkurang. Kemudian klik tombol start dan tunggu hingga pemformatan selesai. Kemudian klik close dan cek apakah ada pertambahan kapasitas atau tidak. Bila kamu tidak percaya kalau ada pertambahan, kamu bisa tulis dahulu kapasitas pakainya sebelum dan sesudah pemformatan kalau mau yang lebih detail tuis kapasitas total pakai pada properties flashdisk kamu dan bandingkan hasilnya. Sekian dari saya, semoga tips ini bermanfaat bagi kamu. Saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Kapasitas Flashdisk"